Pemanfaatan Teknologi Digital Di Indonesia

Oleh : Luthfan Ihtisyamuddin



Seiring dengan berjalannya waktu, maka perkembangan dunia teknologi pun akan mengikutinya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita juga harus bisa menyeimbangkan dengan memanfaatkannya. Perkembangan teknologi  di Indonesia juga berkembang pesat terutama di bidang informasi dan komunikasi. Seperti yang kita lihat saat ini pada masyarakat umumnya sudah menggunakan atau mempunyai Teknologi digital seperti : hand phone (HP) dan juga Televisi sebagai alat komunikasi dan informasi.


Tanpa teknologi digital tersebut kita akan kesulitan untuk berkomunikasi dan memberi informasi dengan cepat. Alat alat teknologi pun kian melimpah, dari yang paling kecil dan biasa saja hingga yang berukuran besar dan canggih pun dapat kita jumpai saat ini. Dari teknologi tersebut, banyak sekali manfaatnya....... silahkan simak yang berikut ini :

Sebagai Sarana Pendidikan
Teknologi Digital sebagai sarana pendidikan sangat penting dan sangat dibutuhkan terutama bagi para pelajar. Seperti halnya Internet. Kita dapat menggunakan internet sebagai sarana belajar kita. Banyak ilmu pelajaran yang diajarkan di sekolah tetapi sulit untuk dipahami sehingga membuat kita semakin tidak mengerti. Dengan adanya teknologi internet, semua materi di sekolah yang belum kita mengerti dapat lebih mudah kita pahami dengan metode pembelajaran yang ada di internet, karena metode pembelajaran tersebut difungsikan untuk melakukan pengajaran dengan fisualisasi (GAMBAR). Selain itu banyak website yang digunakan untuk sekolah online.


 Sekolah online adalah satu portal berbasis web yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Propinsi  yang menampilkan informasi seputar sekolah mulai dari SD sampai dengan SMA. Selain itu, di internet juga terdapat banyak sekali wawasan yang belum kita ketahui serta dapat kita temukan dengan mudah. Tentunya hal ini memudahkan kita semua untuk belajar. Selain internet, komputer biasa (tanpa sambungan internet) juga bisa kita gunakan untuk sarana pendidikan, yaitu dengan membantu kita dalam mengolah angka. Oleh karena itu untuk meningkatkan pendidikan tentunya menjadi peluang para bloger untuk meningkatkan kunjungan dengan cara membuat postingan pendidikan lebih banyak. Tapi hal tersebut juga menguntungkan dan mempermudah bagi kita yang ingin mencari banyak wawasan pendidikan.

Sebagai Sarana Komunikasi Dan Sosial Masyarakat
Teknologi digital juga mempunyai peran yang sangat besar sebagai sarana komunikasi dan sosial kemasyarakatan. Bagi para masyarakat, alat komunikasi sangat dibutuhkan, karena sibuknya kegiatan yang membuat kita enggan untuk saling berkomunikasi. Oleh karena itu alat komunikasi dapat difungsikan  untuk tetap menjaga tali persaudaraan kita.



Selain itu teknologi digital juga dapat membantu kita berkomunikasi jarak jauh, tentunya hal ini sangat membantu agar kita tidak memutuskan tali persaudaraan dengan kerabat-kerabat kita yang letaknya di luar pulau atau di luar negeri sekali pun. Media digital yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasai antara lain adalah HP (Hand Phone), Internet, Fax. Penggunaan Internet sebagai media komunikasi juga sering kita temui di sekitar kita. Salah satunya adalah pengguna Facebook, Twitter atau jejaring sosial lainnya. Dengan adanya Internet kita dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk saling berinteraksi satu sama lainnya. selain itu kita juga dapat menambah teman baru bahkan dengan adanya Internet kita dapat membantu teman-teman kita atau orang-orang yang sedang mendapat musibah.  Sehingga pemanfaatan teknologi  digital sebagai sarana komunikasi dapat digunakan untuk meningkatkan rasa persaudaraan, kepedulian, persatuan dan kesatuan, serta rasa silaturahmi sehingga dapat mewujudkan pancasila khususnya sila ke 3 yaitu persatuan Indonesia.

Sebagai Sarana Ekonomi
Peran Teknologi Digital juga memudahkan kita selaku pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan ekonomi seperti, jual beli. Proses jual beli akan lebih mudah dan efisien menggunakan teknologi digital seperti : Internet, telephon, HP. Seseorang dapat melakukan proses jual beli tanpa datang langsung ke tempat penjualan. Dengan adanya Teknologi Digital ini, kita hanya menelpon ke tempat penjualan atau dengan memesan langsung melalui Internet, dan barang tersebut akan dikirim secepatnya. Contohnya seperti makanan cepat saji (Pizza, Burger, Steak, dll) kita hanya tinggal menelpon penjualnya supaya diantarkan ke rumah kita, dan tanpa kita repot pergi ke tempat penjualan, kita sudah bisa menikmatinya. Internet sebagai media digita juga berperan penting dalam kegiatan ekonomi. Salah satunya adalah Shopping Online.



 Shopping online adalah suatu proses penjualan barang dan jasa yang melalui Internet. Sejak munculnya World Wide Web, pedagang telah berusaha untuk menjual produk mereka kepada orang-orang yang surfing Internet. Pembeli dapat mengunjungi web toko dari kenyamanan rumah mereka dan berbelanja dengan cara mereka duduk di depan komputer ataupun dengan cara yang lain tanpa harus mengunjungi toko tersebut. Proses belanja online adalah salah satu dari ribuan manfaat internet.
Selain itu, Internet juga digunakan sebagai sumber penghasilan.


Salah satunya adalah Bisnis Online. Pengertian Bisnis Online menurut saya adalah segala kegiatan (bisnis/urusan/kepentingan) yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan (keuntungan/profit). Bisnis online dapat digunakan untuk menjual jasa atau barang (produk) yang kita miliki ke seluruh dunia.

Sebagai Sarana Kebudayaan
Media Digital mempunyai peran yang sangat besar sebagai sarana kebudayaan. Salah satunya dengan menggunakan Internet. Dengan media Internet budaya-budaya di seluruh Indonesia dapat dikenalkan kepada kita semua untuk dijaga dan dilestarikan. Di era yang serba modern ini, budaya asing sangatlah mudah masuk ke Indonesia dan mengancam kedudukan budaya Indonesia sendiri. Sebagai generasi penerus bangsa, pasti tidak ingin keadaan itu terjadi. Untuk itu, kita harus bisa melestarikan kebudayaan yang kita miliki. Caranya tidak harus setiap hari memakai batik, kebaya, ataupun pakaian adat yang lainnya dan juga tidak harus selalu memainkan alat musik tradisional dimanapun dan kapanpun, tetapi kita juga dapat memberikan informasi serta mengajak teman-teman kita untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia. Dengan adanya teknologi yang berkembang di era globalisasi yang serba canggih ini, tidak ada alasan untuk kita tidak menjaga kelestarian budaya Indonesia. Kita dapat memanfaatkannya untuk memberikan pengertian tentang betapa pentingnya menjaga kelestarian budaya Indonesia serta mengajak saudara-saudara kita untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia dengan mudah dan efektif.



Apabila bangsa Indonesia itu sendiri tidak mau menjaga kelestarian budayanya, terus siapa lagi yang mau menjaganya???
Akhir- akhir ini banyak negara tetangga yang meng-klaim  kebudayaan milik bangsa Indonesia menjadi miliknya. Misalnya batik yang diakui oleh Malaysia, hal itu terjadi karena bangsa Indonesia kurang menjaga dan melestarikan budaya tersebut sehingga mudah untuk di-klaim atau diakui oleh negara lain.
Maka dari itu, supaya hal tersebut tidak terulang kembali, kita harus bisa menjaga dan melestarikan budaya Indonesia dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada.

Sebagai Media Hiburan
Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil di era globalisasi ini dari perkembangan media digital yang semakin maju. Salah satu perkembangan media digital yang sangat pesat adalah pemanfaatan media digital yang diaplikasikan pada dunia hiburan. Peran Media Digital sebagai media hiburan sangatlah besar. Salah satunya adalah televisi. Coba,  siapa yang sekarang tidak kenal TV? Pasti semua tau apa itu TV dan kegunaannya. Kegunaan TV bukan hanya pemberi informasi dan sarana komunikasi saja, tetapi juga sebagai media hiburan. Sekarang sudah banyak sekali acara hiburan untuk anak kecil sampai hiburan untuk orang dewasa.




 Tapi sayangnya acara hiburan di TV juga banyak yang tidak bersifat mendidik malah bersifat menghancurkan moral bangsa kita. Maka dari itu kita harus pandai-pandai memilih acara yang pantas untuk kita. Selain Televisi, hiburan juga bisa di dapat melalui media Internet, seperti Facebook, Twitter dan Game Online. Pasti di sekitar kita banyak yang menggunakan facebook sebagai hiburan. Dan juga banyak juga  di sekitar kita yang sering main Game Online. Itu semua wajar dilakukan, tapi sekarang juga banyak sekali Game Online yang mengajarkan kekerasan. Apakah itu layak untuk anak Indonesia. Menurut saya itu si layak saja tapi jangan di tiru adegan seperti itu. Tapi selain Game Online dan Jejaring sosial masih banyak hiburan yang lain di Internet yang mengandung unsur-unsur yang merusak moral dan melanggar norma-norma Indonesia. Tapi ada juga hiburan di Internet yang bersifat edukasi. Oleh karena itu kita juga harus pilih-pilih mana yang cocok untuk kita.

Sebagai Sarana Meningkatkan Kreativitas
Bicara tentang kreativitas jadi inget anak TK yang suka menggambar. Tapi berkreativitas bukan hanya menggambar saja, sebenarnya berkreativitas itu tidak ada batasan umur maupun kreativitasnya. Zaman sekarang Teknologi Digital juga banyak di gunakan sebagai sarana berkreativitas. Contohnya seperti komputer. Banyak sekali software-software komputer untuk membuat animasi 2D sampai 3D, bahkan ada software yang bisa mendesain benda dengan kemiripan dengan benda aslinya hingga 98%. Selain software untuk membuat animasi, juga tersedia software-software yang digunakan untuk membuat game yang 2D maupun 3D. Ada juga software untuk membuat film action. Banyak orang Indonesia yang sudah banyak berkreasi membuat animasi dan hasilnya juga tidak kalah bagus dengan buatan orang luar. Seperti ini


 Film-film action buatan Indonesia juga tidak kalah bagusnya dengan orang luar negeri. Buktinya banyak sekali yang tertarik untuk melihat film tersebut. Ayo semua jangan mau kalah sama orang luar negeri, walaupun teknologi kita belum secanggih mereka tapi kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk berkreativitas melebihi mereka. Saya rasa kita semua pasti bisa asalkan ada kemauan dan keyakinaan kita pasti bisa.

Sekian dulu postingan saya tentang “Pemanfaatan Teknologi  Digital Di Indonesia” semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan dengan adanya teknologi yang serba canggih ini, kita harus pintar-pintar menggunakannya dengan baik dan bijak serta kita juga harus bisa menyikapinya dengan sikap positif, maka itu akan menjadi lebih bermanfaat bagi kita. Lain halnya jika kita menyikapinya dengan sikap negatif, maka teknologi modern itu tidak akan berguna bagi kita.
Artikel ini diikutsertakan dalam Ngawur Writing Contest dengan Tema “Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia” yang diselenggarakan oleh Komunitas Ngawur dan didukung oleh Pusat Teknologi serta disponsori oleg Blogger Nusantara.
  



Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar

Silakan berkomentar untuk mengkritik atau memberi saran ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment